KALIBER

Ide adalah benih yang dapat tumbuh dan berkembang dalam diri manusia. Akarnya terletak di hati.

Berakar Komunikasi adalah biro iklan independen Indonesia. Berdiri sejak 2008 oleh sebuah tim kreatif yang telah banyak memenangkan penghargaan di dunia iklan, Yoga Adhitrisna, Teguh Arianto, Hari Prast, Santosa Triwibawa, dan Ismail Fahmi. Berakar Komunikasi berkomitmen menciptakan komunikasi kreatif dengan kepahaman yang mengakar kuat pada denyut nadi orang Indonesia.

Berakar Komunikasi berpengalaman dalam menangani kampanye terintegrasi, Above The Line, Below The Line, maupun Kampanye Digital, dari brand-brand ternama. Dari automotive sampai produk kecantikan, dari rokok sampai asuransi jiwa, dari perbankan sampai iklan layanan masyarakat untuk berbagai gerakan sosial.

Sejak berdiri Berakar kerap kali memenangkan penghargaan kreatif perilklanan. Seperti Iklan Radio Layanan Masyarakat untuk WWF Indonesia, versi “Serunai” yang meraih Silver Award untuk Radio Comm Sound Design Category di ADOI 2008, Jakarta, dan versi “Funeral” yang berhasil mendapatkan Silver Award untuk Radio PSA Category di Citra Pariwara 2009, Jakarta dan berhasil terpilih untuk tampil di buku kompilasi iklan terbaik Asia Pasifik, The Work 2010, Campaign Brief Asia.

Pada 2014 Berakar Komunikasi menjadi buah bibir di Indonesia, ketika secara sukarela membuat sebuah kampanye Pilpres 2014 untuk Jokowi-JK, “Kisah Blusukan Jokowi.” Kesuksesan kampanye ini dianggap mempunyai andil dalam kemenangan Jokowi sebagai presiden RI dan menjadi bukti efektifitas berkampanye politik yang bersih dan kreatif.

Melalui kampanye tersebut Berakar Komunikasi meraih berbagai penghargaan kreatif di tingkat nasional maupun internasional. “Best Government and Political Campaign” dan Gold Honour untuk “Best Use of A Meme” di The Shorty Awards 2015, New York. Gold Award di The Summit Awards, Portland. The Best Digital Agency of The Year 2015 di Mix Marcomm Magazines.

Top 3 Advertising Agency of The Year, Top 2 Digital Agency of The Year, dan Top 5 Media Agency of the year di Citra Pariwara 2014, Jakarta. The Agency of The Year pada Pinasthika Creativestival, Jogja. Finalis di 5 kategori Astars 2015, Busan.

Pencapaian ini sekaligus menandai lahirnya Demokreatif, sebuah divisi yang mengkhususkan pada proyek seni dan komunikasi sosial. Dalam usianya yang muda, Demokreatif
telah menerbitkan buku tentang kampanye kreatif. “Demokreatif: Kisah Blusukan Jokowi” dan “Seni Merdeka”. Demokreatif juga telah berkampanye dalam gerakan #BlusukanAsap bersama GreenPeace, #SeniLawanKorupsi bersama Dewan Kesenian Jakarta, Koalisi Seni Indonesia dan Creative Circle Indonesia, #HariFilmNasional2015 bersama Badan Perfilman Indonesia dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, #folkloric bersama Wisanka Indonesia, #theartofautomotive untuk GIIAS 2015 bersama Seven Events, penulisan buku Kampanye 2.0 bersama Creative Circle Indonesia, dan merancang perangko edisi Presiden dan Wakil Presiden RI yang diterbitkan pada 17 Agustus 2015.