Kabar

Kreasi ‘Pasoa dan Sang Pemberani’ Curi Perhatian di Popcon Asia 2016

Selasa, 16 Ags 2016 13:28 WIB ยท Tia Agnes - detikHOT

Pasoa Popcon Asia 2016
Pasoa Popcon Asia 2016

Jakarta – Festival budaya populer Popcon Asia 2016 selesai diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Meski sudah berlalu, masih terselip cerita tentang industri kreatif anak bangsa di bidang animasi dan komik di Asia. Karya RUS Animation Studio di ‘portofolio review’ terdiri dari siswa-siswa SMK Rus (Raden Umar Said) Kudus binaan Djarum Foundation.

“Proses pembuatan Pasoa Sang Pemberani oleh SMK RUS tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Djarum Foundation ingin mendorong semangat kreatif anak-anak sekolah kejuruan di daerah, salah satunya melalui dukungannya terhadap SMK RUS di Kudus, Jawa Tengah. Di SMK RUS mendapat dukungan berupa Studio Animasi RUS berstandar internasional dan pengembangan tenaga pendidik animator dan bekerja sama dengan Woody Woodman dari Walt Disney Animation Studio,” kata Daniel Harjanto, pelopor industri animasi modern Indonesia.

Mengisahkan tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa, perwujudan dari perpaduan beberapa hewan di Indonesia. Pasoa hadir untuk melindungi kekayaan hayati negeri ini. Kisah Pasoa diharapkan dapat mengenalkan lebih dalam tentang nilai-nilai kearifan lokal dalam menjaga alam Indonesia, sekaligus menyebarkan kekayaan dongeng tradisional yang berakar di masyarakat Indonesia.

Di ajang Popcon Asia lalu, RUS Animation Studio menghidupkan karakter Pasoa lewat kompetisi live drawing- combat battle. Pada sesi lomba gambar tersebut, para peserta yang telah mendaftar akan ditantang beradu kemampuan dalam menggambar bertema karakter film “Pasoa dan Sang Pemberani” baik menggunakan gaya doodle art, ilustrasi, hingga komik.

Diresmikan pada Maret 2016 oleh Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), RUS Animation Studio semakin aktif menghasilkan karya dan berpartisipasi dalam berbagai kesempatan dengan pelaku industri animasi di Indonesia. Inisiatif dan usaha tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang animasi di Indonesia.

sumber: http://hot.detik.com/art/d-3276675/kreasi-pasoa-dan-sang-pemberani-curi-perhatian-di-popcon-asia-2016