Kabar

“Pasoa dan Sang Pemberani” : Karya Animasi Anak Bangsa

pasoa6

Angkat kearifan lokal Indonesia lewat karya animasi.

Siapa bilang anak sekolah jaman sekarang cuma bisa gaul di mall nggak jelas? Pacaran serius banget manggil papih mamih-an. Atau kebut-kebutan pake motor yang dibeliin orangtua. RUS Animation Studio dari SMK Raden Umar Said (RUS) menelurkan sebuah karya film animasi 3D yang berjudul “Pasoa dan Sang Pemberani”. Hmmm.. Jangan salah, karya ini adalah hasil jeri payah pelajar jurusan animasi yang masih duduk di bangku SMK loooh.. Pasoa dan Sang Pemberani ini dibuat oleh para animator yang terdiri dari 16 orang pelajar, para mentor, dan technical advisor dari SMK Raden Umar Said. Nggak cuma itu, para artis seperti Tio Pakusadewo, Tria Ramadhani vokalis The Changcuters, dan penyanyi cantik Isyana Sarasvati juga terlibat dalam film ini.

pasoa1_1

Walaupun dikerjain sama anak SMK, tapi proses produksi pembuatan film ini dilakukan secara ketat dan sesuai sama standar industri animasi profesional. Saat peluncuran film di CGV Cinemas, Grand Indonesia, Jakarta, technical advisors RUS Animation Studio, Daniel Harjanto mengatakan tujuan awal dari pembuatan film “Pasoa dan Sang Pemberani” adalah sebagai sarana pembelajaran dan praktik para pelajar untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di kelas menjadi sebuah karya yang bernilai tinggi. Dengan membuat sebuah film animasi, para siswa diajak untuk memahami dan mampu mengerjakan seluruh tahapan produksi yang terjadi di dalam sebuah industri film animasi profesional, mulai dari pra produksi, produksi, dan paska produksi.

pasoa1

Buat menghasilkan film animasi yang canggih dibutuhin animator yang canggih juga yang emang sesuai dengan kebutuhan industri animasi. RUS Animation Studio menghadirkan para pengajar profesional yang kompeten di bidangnya. Salah satunya adalah Woody Woodman seorang animator profesional dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri animasi Amerika Serikat (AS). Dan Masami Obari, seorang animator mecha ternama dari Jepang yang didatangkan ke sekolah ini untuk berbagi keahliannya dalam pembuatan karakter animasi.

pasoa2

Pasoa dan Sang Pemberani bercerita tentang kearifan lokal yang ada dalam budaya Indonesia. Pasoa adalah hewan mitologi yang berwujud paduan dari beberapa hewan khas Indonesia. Dia hadir untuk melindungi kekayaan hayati yang ada di Indonesia. Pasoa nggak sendirian, dia berjuang bersama anak muda pemberani bernama Amet Mude, serta sejumlah karakter lainnya seperti Karun, Sang Penyumpit, dan Punai Anai. Kisah Pasoa diharapkan dapat memperkenalkan nilai-nilai untuk menjaga keseimbangan alam Indonesia, sekaligus memperkenalkan kekayaan dongeng tradisional yang berakar di masyarakat Indonesia. Jadi buat lo penggemar film animasi Indonesia, lo bisa nonton “Pasoa dan Sang Pemberani” di SCTV hari Sabtu 4 Maret, mulai pukul 15.30 WIB. Sebelum itu, yuk liat trailer-nya dulu.

Sumber: http://www.provoke-online.com/index.php/film/moviereview/7809-pasoa-dan-sang-pemberani-karya-animasi-anak-bangsa